CARA MENGATUR WIDGET HANYA TERLIHAT DI HOME ATAU POSTING

Cara mengatur widget hanya terlihat di home atau posting - Widget adalah salah satu kebutuhan dalam dunia blog maupun web. Widget berfungsi sebagai alat nafigasi maupun alat untuk mempercantik blog atau web kita. Namun terlalu banyak widget yang di tampilkan di home page atau di posting sungguh sangat membuat tampilan blog atau  web terlihat amburadul atau penuh. Maka dari itu kita dapat memodifikasi widget dengan membagi letak widget tersebut. Ada yang terlihat di home page ada juga yang terlihat di posting. Bagaimana kah caranya ikuti tutorial di bawah ini :

Terlebih dahulu anda membuat sebuah widget dan berilah judul sesuka hati anda. misal contoh LEBEL GUE. Ingat berilah judul widget yang anda buat  agar mempermudah dalam pencarian di edit templatenya nanti. jika sudah ikuti langkah di bawah :
  • Pada menu pilih Rancangan ➨ Edit HTML.
  • Pada Edit Template jangan lupa untuk mencentang  Expand Template Widget,
  • Cari tulisa judul widget yang telah anda buat tadi contoh :   LEBEL GUE 
  • Maka kode yang akan kamu dapat pada LEBEL GUE  seperti di bawah ini
<b:widget id='Label1' locked='false' title='LEBEL GUE' type='Label'>
<b:includable id='main'>
  <b:if cond='data:title'>
(KEPANJANGAN SAYA POTONG)    </b:if>
    <b:include name='quickedit'/>
  </div>
</b:includable>
  • Sebagai contoh saya ingin menampilkan di posting saja menjadi seperti ini : 
<b:widget id='Label1' locked='false' title='LEBEL GUE' type='Label'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
  <b:if cond='data:title'>
    (KEPANJANGAN SAYA POTONG)
    <b:include name='quickedit'/>
  </div>
</b:if>
</b:includable>
Jika kamu ingin menampilkanya di home page tinggal kamu ganti saja kode yang berwarna merah   <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> menjadi <b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'> . Sekian dulu hasil Master Copast kali ini artikel Tutorial Blog,   yang berjudul Cara mengatur widget hanya terlihat di home atau posting . Semoga bermanfaat Master Copast

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Nice info gan.. sangat bermanfaat buat orang awam spt saya :-) hehe

Klik Lowongan Pekerjaan mengatakan...

wahh.. makasih infony
coba dipraktekin dulu ah :)

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►